Selasa, 02 Maret 2010

cerita upin ipin

05 February 2009

Cerita Upin dan Ipin

Pernah nonton kartun Upin & Ipin yang ditayangkan di TPI belakangan ini nggak?. Itu tuh… film animasi buatan negara tetangga Malaysia yang sedang tayang beberapa kali dalam bulan ramadhan tahun lalu.

Upin dan Ipin adalah tentang sepasang anak kembar laki - laki yang bernama upin dan ipin yang tinggal bersama kakaknya "Kak Ros" dan neneknya "Opa". Sepertinya kalo di Malaysia Opa adalah panggilan untuk nenek, bertolak belakang dengan Indonesia Opa adalah panggilan untuk kakek dan untuk nenek dipanggil dengan sebutan Oma. Isi ceritanya tentang moral dan tentang puasa untuk anak - anak.

Film ini mengisahkan tentang pengalaman berpuasa 2 anak kembar yang masih kecil. Banyak sekali pesan moral yang perlu dilihat dan dicontoh oleh anak-anak dan orang tua kita. Bagaimana seorang anak menghargai apa dan bagaimana puasa itu, sembari tetap beraktifitas seperti bermain.

Dan untuk orang tua juga, agar dapat meniru cara mendidik dan mengajarkan beribadah yang baik kepada anak-anaknya. Upin dan Ipin adalah film animasi yang dibuat oleh Les Copaque, sebuah industri media di Selangor, malaysia. Upin dan Ipin punya episode terbaru. Film animasi keluarga ini menceritakan tentang kehidupan 2 orang anak malaysia dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam film animasi ini dimunculkan etnik-etnik yang ada di Malaysia. Ada Etnik Melayu, China maupun India.

Settingnya sendiri akan membawa kita berada ditengah pedesaan yang syarat dengan silaturahmi beragama. Peleburan Kultur yang beragam tanpa ada jarak sangat kental terasa. Seolah memastikan bahwa Islam benar-benar Agama yang terbuka dan berdampingan dengan aliran lain.

Meskipun berdialek Malayu, tapi kita orang Indonesia masih dapat dengan mudah menyerap maksud dan tujuannya. Dan justru, dialek mereka yang saya suka, karena terkadang bisa menggelikan…. is..is..is. Animasinya juga bisa dibilang rapi dan halus.

1 komentar:

  1. hahahahahahaaa.....bgus bgd.
    film cartoon yg mendidik.
    bgus bgd,,,^_^

    BalasHapus