Minggu, 28 Maret 2010

PENALARAN INDUKTIF

TUGAS KELOMPOK

Penalaran Induktif
Penalaran induktif, juga dikenal sebagai induksi atau logika induktif, adalah jenis penalaran yang melibatkan bergerak dari seperangkat fakta-fakta yang spesifik untuk suatu kesimpulan umum. Ini juga dapat dilihat sebagai suatu bentuk teori-gedung, di mana fakta-fakta yang spesifik digunakan untuk membuat sebuah teori yang menjelaskan hubungan antara fakta-fakta dan memungkinkan prediksi masa depan pengetahuan. Tempat dari sebuah argumen logis induktif menunjukkan beberapa tingkat dukungan (induktif probabilitas) untuk kesimpulan tetapi tidak berarti itu; yaitu mereka tidak memastikan kebenarannya. Induksi digunakan untuk menganggap properti atau hubungan untuk jenis berdasarkan pada contoh observasi (yaitu, pada beberapa pengamatan atau pengalaman); atau untuk merumuskan hukum-hukum berdasarkan pengamatan terbatas fenomenal pola berulang. Induksi yang digunakan misalnya, dalam menggunakan proposisi tertentu seperti:

o Ini es dingin. (Atau: Semua es saya pernah menyentuh telah dingin.)
o Bola biliar ini bergerak ketika dipukul dengan isyarat. (Atau: Dari seratus memukul bola bilyar dengan isyarat, semuanya bergerak.)
Untuk menyimpulkan proposisi umum seperti:
o Semua es dingin.
o Semua bola bilyar bergerak ketika dipukul dengan isyarat.

Contoh lain adalah:
3 +5 = 8 dan delapan adalah genap. Oleh karena itu, ganjil ditambah bilangan ganjil lain akan menghasilkan bilangan genap.
Perlu diketahui bahwa induksi matematika bukanlah bentuk penalaran induktif. Sementara induksi matematika mungkin terinspirasi oleh non-basis kasus, perumusan dasar tegas menetapkan kasus itu sebagai bentuk penalaran deduktif.
Ada yang menyimpulkan bahwa kalimat Induksi merupakan serangkaian proses yang digunakan hypnotist untuk membantu klien mencapai trance. Pada setiap kalimat yang dipakai dalam induksi, hypnotist harus memastikan bahwa klien sudah memahami maksud dari induksi tersebut. Untuk memastikan klien dalam keadaan memahami kalimat induksi maupun hal-hal lain dalam induksi maka hypnotist harus selalui menanyakan kepada klien apakah klien sudah paham ataukah belum. Hypnotist harus menentukan respon klien untuk jawaban ya dan tidak ( anggukan, gelengan kepala, gerakan jari tertentu dll).

Paragraf induktif: Paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.

1. Generalisas: Penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.

2. Analogi: Penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

3. Paragraf hubungan sebab akibat: Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

4. Paragraf hubungan akibat sebab: Paragraf yang dimulai dengan fakta khusus yang menjadi akibat, kemudian fakta itu dianalisis untuk diambil kesimpulan.

Dalam paragraf hubungan sebab akibat 1 akibat 2, suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebabyang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat.

Perlu diketahui bahwa induksi matematika bukanlah bentuk penalaran induktif. Sementara induksi matematika mungkin terinspirasi oleh non-basis kasus, perumusan dasar tegas menetapkan kasus itu sebagai bentuk penalaran deduktif.


Generalisasi

Sebuah generalisasi (lebih tepatnya, induktif generalisasi) hasil dari sebuah premis tentang sampel pada suatu kesimpulan tentang populasi.

Q proporsi sampel memiliki atribut A.

Oleh karena itu:

Q proporsi penduduk telah atribut A.

Contoh

Ada 20 bola dalam sebuah wadah, baik hitam atau putih. Untuk memperkirakan angka yang Anda masing-masing menarik sampel dari 4 bola dan menemukan bahwa 3 adalah hitam, satu putih. Generalisasi induktif yang baik akan: terdapat 15 hitam dan 5 bola putih di guci.

Betapa besarnya dukungan yang menyediakan tempat untuk kesimpulan tergantung pada (a) jumlah individu dalam kelompok sampel dibandingkan dengan jumlah dalam populasi, dan (b) sampai sejauh mana sampel merupakan perwakilan dari populasi ( yang dapat dicapai dengan mengambil sampel acak). Generalisasi yang tergesa-gesa dan bias sampel adalah kesalahan berkaitan dengan generalisasi.


Statistik silogisme

Silogisme statistik hasil dari generalisasi pada suatu kesimpulan tentang seorang individu.

Sebuah proporsi penduduk Q P memiliki atribut A.

Seorang individu saya adalah anggota dari P.

Oleh karena itu:

Ada probabilitas yang sesuai dengan Q bahwa aku telah A.

Proporsi dalam premis pertama akan menjadi sesuatu seperti "3/5ths dari", "semua", "sedikit", dll dicto simpliciter Dua kesalahan dapat terjadi dalam statistik silogisme: "kecelakaan" dan "bercakap-cakap kecelakaan".

Sederhana induksi hasil dari sebuah premis tentang kelompok sampel pada suatu kesimpulan tentang orang lain.

Q proporsi kasus yang dikenal penduduk P memiliki atribut A.

Individu Aku adalah anggota lain dari P.

Oleh karena itu:

Ada kemungkinan berhubungan dengan Q bahwa aku telah A.

Ini adalah kombinasi dari sebuah generalisasi dan statistik silogisme, di mana kesimpulan dari generalisasi juga merupakan premis pertama silogisme statistik.

Artikel utama: Salah analogi

Beberapa filsuf percaya bahwa sebuah argumen dari analogi adalah penalaran induktif jenis.

Argumen dari analogi memiliki form berikut:

Aku telah atribut A, B, dan C

J memiliki atribut A dan B

Jadi, J memiliki atribut C

Analogi bergantung pada kesimpulan bahwa atribut dikenal untuk digunakan bersama (kesamaan) menyiratkan bahwa C juga merupakan properti bersama. Dukungan yang menyediakan tempat untuk kesimpulan tergantung pada relevansi dan jumlah persamaan antara I dan J. kekeliruan terkait dengan proses ini adalah analogi palsu. Seperti bentuk-bentuk lain dari argumen induktif, bahkan yang terbaik penalaran dalam argumen dari analogi hanya bisa membuat kesimpulan yang mungkin diberikan kebenaran premis, tidak yakin.

Penalaran analogis sangat sering dalam akal sehat, ilmu pengetahuan, filsafat dan humaniora, tapi kadang-kadang hanya diterima sebagai metode tambahan. Sebuah pendekatan halus kasus berbasis penalaran. Untuk informasi lebih lanjut tentang kesimpulan dengan analogi, lihat Juthe, 2005.


Inferensi Kausal

Sebuah kesimpulan kausal menarik kesimpulan tentang hubungan sebab-akibat yang didasarkan pada kondisi terjadinya efek. Bangunan tentang korelasi dari dua hal yang dapat menunjukkan hubungan kausal antara mereka, tetapi faktor-faktor tambahan harus dikonfirmasi untuk menetapkan bentuk yang tepat dari hubungan kausal.


Prediksi

Sebuah prediksi menarik kesimpulan tentang masa depan masa lalu individu dari sampel.

Q diamati proporsi anggota kelompok G memiliki atribut A.

Oleh karena itu:
Ada kemungkinan berhubungan dengan Q bahwa anggota lain dari grup G akan memiliki atribut A bila diamati berikutnya.

SALAH NALAR : Gagasan, pikiran, kepercayaan, atau simpulan yang salah, keliru, atau cacat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar